Manajemen Biaya Proyek

Manajemen Biaya Proyek (Project Cost Management)

Definisi 

  • Biaya (menurut buku atau pakar akuntansi kebanyakan) berarti: sumber daya yang dikorbankan untuk mencapai tujuan tertentu. 
  • Biaya (menurut Webster): something given up in exchange. 
  • Biaya biasanya dihitung dengan besaran-besaran moneter (uang), seperti: banyaknya rupiahyang harus dibayarkan untuk memperoleh barang atau jasa tertentu. 
  • Biaya adalah semua sumber daya yang harus dikorbankan untuk mencapai tujuan spesifik atau untuk mendapat sesuatu sebagai gantinya.
  • Karena proyek mengkonsumsi uang dan menghabiskan sumber daya yang bisa saja digunakan di tempat lain, maka penting bagi manajer untuk paham Manajemen Biaya Proyek.
  • Manajemen Biaya Proyek: proses yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa proyek diselesaikan dalam anggaran yang sudah disetujui.

Proses Manajemen Biaya Proyek

  • Estimasi Biaya (Cost Estimating): yang membuat dan memperkirakan biaya sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. 
  • Penganggaran Biaya  (Cost Budgeting): yang mengalokasikan perkiraan biaya keseluruhan terhadap setiap item kerja yang akan membentuk baseline pengukuran kinerja. 
  • Pengendalian Biaya (Cost Control): yang mengendalikan perubahan - perubahan biaya terhadap anggaran proyek.

  1. Cost Estimating 
Contoh Cost Estimating 

    • Sangat penting membangun cost management plan yang menggambarkan bagaimana variansi biaya akan dikelola dalam proyek  
    • Cost Estimation Tools & Techniques :
      1. Analogous Estimates ( Top Down Estimates) 
      Mengestimasi biaya proyek berdasarkan biaya aktual dari proyek sebelumnya yang dianggap mirip dengan proyek yang akan dikerjakan.
      2. Bottom Up Estimates
      Estimasi berdasarkan setiap paket kerja terkecil dan menjumlahkan seluruhnya hingga diperoleh biaya total dari sebuah proyek.
      3. Parametric Modeling 
      Estimasi biaya proyek dilakukan dengan memanfaatkan karakteristik proyek sebagai  parameter dalam model matematika. Contoh :  Model Aircraft Cost 
      parameter : type of aircraft, how fast the plane would fly, estimated weights of various parts of the aircraft, the number of aircraft produced, etc.

     2. Cost Budgeting

Contoh Cost Budgeting

    • Input utama: WBS 
    • Output utama: cost baseline 
      • cost baseline merupakan budget pada tiap fase aktivitas yang digunakan oleh manajer untuk mengukur dan memantau kinerja biaya proyek. 

     3. Cost Control

    • Proses dalam pengendalian biaya termasuk 
      • Monitoring kinerja pembiayaan. 
      • Meyakinkan bahwa hanya perubahan yang tepat yang termasuk dalam baseline biaya yang direvisi.
      • Memberikan informasi pada stakeholders bahwa perubahan dapat mengakibatkan perubahan biaya pula.

Comments